Berbuat Baik dengan Ikhsan

Assalamu'alaikum, calon penghuni surga!!!
Kaifa hal? Khair? Alhamdulillah. ^^

Saudaraku, sukakah kamu menolong teman yang sedang kesulitan? Atau memberi makan kucing jalanan yang kelaparan? Atau menolong nenek-nenek yang akan menyeberang jalan?
Kalau jawabanmu "YA" itu berarti kamu suka berbuat baik. Alhamdulillah.

Mengapa kamu suka berbuat baik padahal kamu tahu belum tentu temanmu itu akan menolongmu juga saat kamu sedang kesulitan, atau kucing itu memberimu makan juga saat kamu kelaparan dan nenek-nenek itu tidak membantumu juga untuk menyeberangi jalan.

Lalu mengapa kamu lakukan?
Yak! Benar sekali. Islam menyuruh kita agar berlomba-lomba dalam kebaikan (Al-Baqarah:158 dan Al-Maidah:51). Allah juga menyuruh kita agar menyegerakan kebaikan (Ali Imran : 133)

Dengan berbuat baik, kita akan merasakan kebaikan Allah (1:3) (28:77)
Dan juga, kenapa disebutkan Allah Maha Pengasih dan Penyayang? Kenapa bukan "penyayang" lebih dulu? karena kasih-Nya lebih besar daripada sayang-Nya.

Temanku, berbuat baik adalah salah satu ibadah.
Saat seseorang beribadah, hendaknya merasa diawasi dan dilihat oleh Allah SWT (ikhsan). Dengan begitu, kita akan berbuat baik tanpa pamrih. Kelakuan kita juga terjaga karena kita selalu merasa ada Allah yang mengawasi kita. Lagipula, memang Allah mengawasi kita sih. Allah kan dekat...
Dalam surat Al-Fajr ayat 14 disebutkan bahwa sungguh, Tuhanmu benar-benar mengawasi.
Dalam surat Qaf ayat 16-18 juga disebutkan bahwa Allah lebih dekat dari urat nadi.

Wallahualan Bishawab

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog