Pengalaman Belanja Di Zalora (Sejujur-jujurnya)

Hai, kembali lagi bersama Retno di sini. Malam ini gw mau cerita sejujur-jujurnya tanpa disponsori pihak mana pun, pengalaman gw yang baru pertama kalinya belanja di Zalora.co.id

Zalora, Asia's online fashion destination, adiknya Lazada, yang iklannya cukup gencar di berbagai media. Situsnya terlihat elegan dan sangat profesional, mungkin karena gambar produknya yang kelihatan bagus banget. Awalnya iseng buka-buka situs fashion itu, mencari sepasang sepatu impian. *yaelah masih aja*

Zalora : Asia's online fashion destination
Pernah baca beberapa testimoni dari orang-orang, yang kalau beli barang wearable secara online, barang sama gambar yang dipajang di situsnya suka beda. Lebih jelek barang aslinya, daripada yang dipajang di web. Mending liat langsung.

*) Beda dengan e-commerce lainnya, gw pikir Zalora udah punya nama, iklan di mana-mana... gak mungkin kan dia mengecewakan pelanggan? Mau ditaro mana harga dirinya?? Kepercayaan konsumen itu priceless loh. Maka gw memberanikan diri order di situs itu.

Koleksi barang-barang fashion di Zalora emang bagus-bagus sih, gw suka. Hhehe... yaa walaupun  Barang-barang di zalora kan harganya tinggi, beda banget klo beli di toko konvensional, padahal produknya sama. Gapapa lah, gw belum ada waktu lagi buat hunting ke toko. wkwkwk...

Langsung aja order tanpa mikir kalo zalora bisa aja menipu gw. Bisa aja zalora ternyata nggak seperti lazada, yang selama ini belum pernah mengecewakan gw. Kalo rejeki nggak akan kemana, kan udah bayar zakat tiap bulan. tsaaaah~ yoi banget.. gw menyelesaikan proses transaksi, juga karena mengingat faktor yang telah gw sebutkan tadi.*

Waktu itu order hari sabtu, perkiraan barang datang 1-3 hari untuk wilayah Jakarta dan 2-6 hari untuk luar Jakarta. Hari Selasa, iseng gw cek orderan gw. Ternyata Zalora punya pihak ekspedisi pengiriman barangnya sendiri, ZDEX. Lah gw nge-cek resinya gimana? Gw pikir ZDEX itu semacam JNE, punya situs sendiri untuk pengecekan resi. Gw googling lah ZDEX itu. Ternyata.................

Laman yang keluar bukanlah situsnya ZDEX karena memang ZDEX lazada tidak memiliki situs untuk pengecekan resi. Bisa ditanyakan langsung via live-chat di website zalora. Tetapi yang muncul adalah tulisan-tulisan complain dari pelanggan yang kecewa dengan zalora.

Ada yang ketika transaksi selesai, tetapi order dibatalkan secara sepihak dan refund uangnya lamaaa banget. Ada yang barang berbulan-bulan baru nyampe. Ada yang bermasalah sama vouchernya. Ada juga yang ribet sama kurirnya, janjian buat COD, dll.... dan berbagai hal yang nggak mengenakkan lah. Zalora dituduh mentang-mentang ngasih pengiriman gratis, jadi seenaknya aja ngirim barang nggak dicek dulu.

Gw langsung hubungin customer service, minta dilacak barang gw udah sampe mana... soalnya keterangan di website zalora cuma "TERKIRIM". Nggak cukup puas sama status itu, tapi si CS bilang, "tunggu aja mbak, kalo dalam estimasi waktu yang kita tentukan barang belum diterima, kami bantu melacak barangnya."


Sempat tanya-tanya sama temen sebelah kubikel, "pernah order di zalora ga? kok banyak testimoni yang nggak menyenangkan gini sih?" dia jawab belum pernah. "barang-barang kayak gitu sih lu beli aja di toko konvensional. Tuh ke Penvil, masa iya nggak dapet yang sreg?" wkwkwk... akooh udah nge-zing sama yang di zalora, kakak... :'))

Pulang kerja gw langsung tanya orang rumah, ternyata barang persanan gw udah datang. Semuanya! Alhamdulillah... cepet banget dong ya. Barangnya juga bagus, sesuai harapan dan jatohnya nggak gitu mahal karena lagi diskon dan dapat voucher 75000 dari pendaftaran newsletter. Voucher pun bisa digunakan tanpa hambatan.

Ternyata nggak seseram testimoni yang gw baca. Semoga tulisan ini bisa menjadi pertimbangan juga bagi calon pelanggan onlineshop. Thanks Zalora. Sukses terus, semoga makin laris dan membuat pelanggan tersenyum manis.

---
PS: Mbak Fath, orderan gw udah nyampeee.. uhuyy ^^

49 comments:

  1. selamat yee buat sepatu barunya :)

    ReplyDelete
  2. itu sampai nya berapa hari kak dari pas kk order?

    ReplyDelete
  3. saya belanja d zalora cepat sampai kok barang'a hari jumat saya order hari minggu udh ada d rumah, beda bgt sama La**da, saya order jam tangan udh 6 bln tapi blm dtg" pdhal saya sudah bayar melalui transfer saya jg sudah hubunggi CS kata'a sdg dlm proses tapi sampai skrg saya blm terima barang yg saya order.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hm.. penjual di La**da kan banyak, lokasinya juga bisa di luar pulau jawa (ps: rumahku di daerah bogor). Aku emang pernah ngalamin kayak gitu sampe 2 minggu barang belum sampai, tapi untunglah penjualnya mau tanggung jawab. Ternyata emang si penjual belum terima konfirmasi dari La**da, akhirnya barang yang aku pesan dikirim lagi deh. All clear. :)

      Delete
  4. Kalo produk yg mbak beli sesuai nggak Mbak sama detail gambar di web zaloranya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Alhamdulillah sama. Sesuai ekspektasi.

      Delete
  5. Cara bayarnya kayak olshop biasa sist?

    ReplyDelete
    Replies
    1. olshop biasa tuh kayak apa ya? Hhehe...
      ya biasa lah, transfer > konfirmasi pembayaran > terima barang :)

      Delete
  6. kalau pesan COD, bisa secepat mba gak ya? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya belum pernah COD :)

      Delete
    2. Saya blnj di zalora sll bayar di tempat , tp brg sll cpt smp nya . br zalora lah olshop yg bnr2 jempolan ..

      Delete
  7. kak saya diluar jabodetabek kok lama ya datangnya, udah lima hari ini,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm... estimasinya berapa lama ya sampai ke tempat kamu? Mungkin bisa coba dihubungi lagi sellernya, minta bantu lacak orderan kamu.

      Delete
  8. iya mba.. pernah juga lama banget sampe seminggu lebih baru dikirim, dan tracking nya yah cuma gambar mobil ajah *alias lagi dikirim* sempet jg deh ngalamin pesen sepatu nambah 59rb biar COD besok langsung ditangan, urgent banget mo dipake ke event, udah ditulis memo "alamat kantor, kirim sebelum jam 5" trus jam 5 dia baru nelpon bilang kayanya ga sempet, besok dikirim ulang aja gimana? =( deuh.. kalo gw butuhnya lusa mah ga perlu nambah bayar 59rb
    Untungnya sih emang dasar tukang maksa yee, aku paksa in aja anter ke alamat rumah jam berapa pun, asal hari itu juga...
    yah, masih ada niat baiknya sih Zalora, jadi dia masih mau nganter sesuai yang aku minta ^^
    Mudah - mudah an mereka lebih manage able lagi yah kedepannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah syukurlah pesanan datang tepat waktu. Hhehe...
      ya semoga aja ke depannya pelayanan mereka lebih baik :)

      Delete
  9. tapi ukuran sepatu saya cocokin di sport station, banyak yang kekecilan..
    dan kenyamanan solnya jg beda

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah.. kok bisa..
      Alhamdulillah sepatu yang saya beli ukurannya pas di kaki. hhehe..

      Delete
  10. ak psen di zalora yg di kirim lwat ZDEX udh sminggu ga nyampe2. klo yg lwat fistlogistic sih cpet banget....

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba langsung hubungin CSnya aja mbak, biar dilacak barangnya sudah sampai di mana. :)

      Delete
  11. Aku langganan belanja di Zalora, selama ini gak ada masalah bahkan dua kali sempat balikin barang karena gak sesuai. Itu juga ongkir diganti kembali oleh pihak Zalora. Terakhir pesan barang kemarin, sudah pake ZDEX ya ternyata. Mudah2an gak ada masalah deh.

    ReplyDelete
  12. Ada yang pernah minta refund nggak? Trs gmna prosesnya lama atau cepet? Thanks.
    Deg2an bgt nih gue baru aja order di zalora, tp detail sama yg dikirim beda.
    Terus gue minta refund tapi kawatir ga direfund.

    ReplyDelete
  13. Ada yang pernah minta refund nggak? Trs gmna prosesnya lama atau cepet? Thanks.
    Deg2an bgt nih gue baru aja order di zalora, tp detail sama yg dikirim beda.
    Terus gue minta refund tapi kawatir ga direfund.

    ReplyDelete
  14. Maaf saya ingin bertanya barangkali ada yang bisa membantu, saya sudah mentransfer pada hari rabu dan saya tidak tau bahwa harus konfirmasi, jadi saya konfirmasi baru hari kamis sore kemarin dan sampai sekarang saya belum mendapatkan email apapun lagi dan ketika saya cek barang saya masih dalam proses menungu pembayaran, apa yang harus saya lakukan?

    ReplyDelete
  15. Aku udah berkali kali belanja di zalora, selalu memuaskan, kecuali kalo barang yang dibeli dari seller agak lama, karena harus diambil dulu oleh zalora aru dikirim ke kita.. Pembayaran juga bisa cod di banyak tempat, jadi gak perlu khawatir dan banyak risau... Zalora best...

    ReplyDelete
  16. Kalo saya justru lebih suka belanja di zalora daripada di ols lain, soalnya di zalora bisa refund barang klo gk cocok dikita dalam waktu 30 hari selama kondisi barang masih belum lepas tag dan tidak rusak, kalo belanja di ols lain mana bisa seperti itu dan proses refundny juga mudah dan cepat kok, saya usah berulang kali refund karena gak cocok bahannya lah dsb nya hehehe...saya sihh sukanya belanja kalo pas ada diskon dan dapat voucher hehehe

    ReplyDelete
  17. mantaaapp..

    Saya mau buat repiu toko online juga ah.. thanks sahringnya mbakkk retnoo :D

    my bussiness blog goo.gl/DTRhl2 :peace

    ReplyDelete
  18. Kalo saya problemnya barang online pas dateng suka beda dengan yang digambar. Untung sebentar lagi mau dibangun tempat belanja baru namanya <a href="http://citraraya.com/ecoplaza-pusat-gaya-hidup-di-ecopolis/>Ecopolis</a> di citra raya tangerang, jadi kalo mau belanja yang gak online gak harus jauh-jauh keluar perumahan.

    ReplyDelete
  19. Mohon masukan.y sya order jg d zalora pesen dri tg 23 smpe tgl 27 ini gk smpe" lokasi sya d tangerang.. Sebaik.y gmn yc??

    ReplyDelete
    Replies
    1. chat with us di support zalora aja mas. atau ada call center juga dia..

      Delete
  20. Hallo,
    Bagi yang pernah berbelanja di zalora, lazada, bhinneka dan blibli.com, mohon bantuannya untuk mengisi kuesioner penelitian untuk tugas akhir saya pada link di bawah.

    Saya akan sangat berterima kasih apabila anda meluangkan waktu untuk ikut berpartisipasi dalam survei ini.

    Jangan lupa memasukkan nomor telepon anda di halaman terakhir untuk memenangkan undian pulsa 25.000 kepada 5 orang yang beruntung!
    Pengumuman pemenang akan diberikan pada tanggal 13 April 2016

    Terima Kasih

    Link:
    http://goo.gl/forms/fYDh5yiOp8

    ReplyDelete
  21. ZBAP2D55 voucher diskon tambahan 15% bisa dipakai untuk pembelian pertama tanpa batas harga minimum pembeliannya. Bisa dicoba mbak di account baru siapa tau bermanfaat :)

    ReplyDelete
  22. Galau nih pesen sepatu COD di Zalora blum datang-datang, mana funtastis lgi harganya.
    Minggu depan sama suami mau diajak shoping sih, tapi takutnya barang belum sampai beli sepatupun enggak. Huft... Cek di status sih kabarnya cuma terkirim doang, dan yang satu lagi sedang dalam proses pengiriman.

    ReplyDelete
  23. Saya juga baru transfer...konfirmasi ulangnya dimana ya...minta nomorncs nya dong

    ReplyDelete
  24. Mba sy kan blanja dizalora, uangny udh sy kirim tp kok sy gk dpat nomer resiny y n sy oder barang udh 2minggu, sy tunggu2 tp barangng gk smpai2. Bisa dibantu gk cari solusiny,, tanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belom di konfirmasi order kali. Kan bisa lacak pesanan di app zalora nya .-.

      Delete
    2. *konfirmasi transfer mksudnya

      Delete
  25. anyway aku sejak 2015 jd customer zalora,dan order berkali2,selalu memuaskan,gak pernah gak puas. hehe. thank u zalora

    ReplyDelete
  26. Dapatkan discount+15% saat berbelanja di zalora dengan menggunakan kode voucher ZBAPHQS dengan syarat menggunakan email baru.selamat mencoba

    ReplyDelete
  27. Dapatkan discount+15% saat berbelanja di zalora dengan menggunakan kode voucher ZBAPHQS dengan syarat menggunakan email baru.selamat mencoba

    ReplyDelete
  28. Aku belanja di zalora malah lbh bagus drpd di toko sebelah sih hehe

    Http://www.CHIPPEIDO.co.vu

    ReplyDelete
  29. Wah....kalo gitu saya berani deh belanja di Zalora

    ReplyDelete
  30. Puji syukur pengalaman Mbak menyenangkan dan bisa menjadi referensi buat teman-teman Fashionista yang lain :) Bagi yang mau baca artikel Zalora Indonesia bisa di http://voucherdiskonzaloraindonesia.blogspot.co.id/ :)

    ReplyDelete
  31. Saya baru order sepatu tadi siang, ikuti semua SOP proses. Lncar dan fast respon. Tinggal tunggu proses selanjutnya. Pengalaman berkali2 belanja di ols lainnya sangat mengecewakan. Smga Zalora melebihi ekspektasi ku

    ReplyDelete
  32. Saya mo tanya mbak,,saya kan pesan di zalora sepatu ukuran 40 dan pesanan yg saya terima sesuai,,tp setelah saya pakai sepatu gegedean kira kalau saya tukar ukuran 39 bisa ga ya??biarpun pesanan yg saya terima seauai yg saya pesan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya bisa. sepupu saya pesen baju kegedean ukurannya, tapi bisa ditukar kok

      Delete

Search This Blog