Kunjungan Ke Kota Tua

Beberapa hari yang lalu... bukan rencanaku untuk mejeng, tapi niat dan bener-bener niat untuk datang ke kampus dan minta pencerahan dari dosen terkait Tugas Akhir. Niat tinggal niat... kenyataannya adaaa aja halangannya. Padahal rencananya jalan dari rumah jam 9 pagi, ngejar kereta yang ke Bekasi dari Manggarai.


Kemudian ada satu dan lain hal yang menyebabkan kami - aku dan suci - ketinggalan kereta...

Akhirnya aku ketemuan sama Suci di kereta yang dia naiki :p hhehe... Lanjut sajalah sampai kota. Kita jalan-jalan dulu sampai nunggu kereta selanjutnya. Jalan-jalan tengah hari bolong bo! Polusi banget. Panas tanpa payung dan masker. Rempong deh yee..

Tujuan utama kami, kawasan kota tua. Numpang ngadem di Museum Fatahillah biaya masuknya masih Rp1000 untuk mahasiswa dan Rp1500 untuk umum. Nggak tau kenapa ya... berasa aneh museum-nya. Agak menyeramkan gitu ya.. mungkin karena cuma jalan-jalan berdua Suci di hari kerja. Tapi pengunjungnya gak cuma kami berdua.. agak ramai lah sama anak-anak sekolah dan turis.

Lagi sepi-sepinya, tiba-tiba ada pengunjung yang kelihatannya sih ayah dan anak. nah.. si Ayahnya ini serem banget. Masa tiba tiba ngomong sendiri, "Assalamu'alaikum," sambil berlagak mengelus-elus kepala anak kecil padahal nggak ada anak kecil di situ 0.o udah gitu anaknya diem aja, kayak nggak terjadi apa-apa.

Waktu foto-foto di salah satu kamar aja kameraku sempat mati beberapa kali. Iiih... ada tempat tidur bayi lagi! Berasa ada di game Hotel626. Horror banget. Emang sih, di situ ada tulisannya "dilarang foto-foto" walaupun kenyataannya hampir semua orang foto-foto di situ.

Di Museum Fatahillah, ada satu lukisan yang bikin aku enegg banget sampe berminggu-minggu saat kunjungan pertamaku ke sana. Kemarin aku lihat lukisannya jadi lebih lusuh, sepertinya. Udah lama banget soalnya gak ke sana. Lukisan itu udah nggak se-horror dulu walaupun agak-agak gimanaaa gitu ngeliatnya.

@ Museum Fatahillah


Setelah puas ngadem di sana, kami lanjut lagi... masih ada waktu setengah jam sampai kereta berikutnya datang. Akhirnya kami beli Cilok dulu!! hhaha... cemilan favoritku banget nih. Baru setelah itu mampir ke Museum Bank Indonesia. Ini kunjungan pertamaku nih.

Kunjungan pertama ke Museum Bank Indonesia.. bikin aku nyeseelll banget!

Nyesel kenapa nggak dari tadi aja ke sininya. Ternyata ber-AC yak.. gubrax! Beda banget sama Fatahillah yang tua dan klasik. Di sini suasananya sangat modern dan lebih elegan. ciehh...
Museum ini adalah pilihan yang paling tepat untuk ngadem. Biaya masuk ke Museum Bank Indonesia adalah Rp0,- alias Gratis alias FREE. Meskipun gratis, tetep harus ambil tiket. Kenapa yak? Aku juga gak tau. Buang-buang kertas aja.. nggak diperiksain, gak bayar juga.. buat apa pakai tiket segala? Souvenir kali ya maksudnya.. hhoho...

Naaahh.... di sini enak banget buat belajar sejarah. Fasilitasnya banyak. Ada AC buat ngadem, dilengkapi audio visual juga di tempat-tempat tertentu.. penyajiannya bagus banget deh.. ada komputer touchscreen juga untuk menampilkan penjelasan-penjelasan tertentu, tapi sayang sekali aku nggak sempat baca-baca sejarah di sana karena waktunya yang udah mepet :'(
harus segera balik ke stasiun kalo gak mau ketinggalan kereta lagi.
Tapi tetep.. foto-foto dulu lah :D

Patung Peraga Transaksi di Bank Java tempo doeloe

lanjutan gambar yang atas

yang ini kalo gak salah di Bank ASIA.. :p

Foto Digital Suci di uang Rp10.000,00 Jaman doeloe

GUDANG EMAS!!! replika, tentunya...

Meskipun sangat menarik dan gak ada biaya untuk masuk, tapi kenapa ya pengunjungnya sedikit?? Lebih rame di Fatahillah loh. :-/

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog