Time Wasted

Suatu hari, seorang ayah beserta anaknya hendak berziarah ke makam sanak famili. Saat tiba di pemakaman, sang anak memperlambat jalannya dan memerhatikan masing-masing batu nisan yang ia lalui.
wafat tahun 1960.. 1970... 1980...
"ayo nak, cepatlah. Ada apa?"
Kemudian sang anak mempercepat langkahnya dan berkata, "ternyata mereka lama sekali ya ada di sini, Yah.."
Memang ternyata waktu di dunia ini singkat sekali ya. Yang lama nanti, setelah mati.
Makanya, selagi masih hidup maksimalkan apa yang kita lakukan. Terlebih 3 hal yang akan terus kita dapatkan setelah mati; amal jariyah, do'a anak shalih dan ilmu yang bermanfaat. Bahkan ada orang soleh di zaman Rasulullah yang selalu makan roti basah, gak mau makan roti yang kering. Saking ingin memaksimalkan waktunya. Katanya, "ada jarak antara roti kering dan roti basah yang bisa dimanfaatkan untuk membaca 50 ayat". Kalo makan roti kering kan lebih lama mengunyahnya daripada roti yang basah, nah jarak waktunya itu 50 ayat.

Ada lagi orang shalih zaman dulu yang bisa mengingat ucapannya dari jumat kemarin hingga jumat minggu ini.. saking sedikitnya dia berbicara.. ihwaw subhanallah banget ya.. kalo aku sih beuh.... ga tau udah ngoceh berapa kali dan udah kemana aja. hihihi... beliau itu karena memang memanfaatkan waktunya sebaik mungkin, meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat.



Kalau aku nggak ada kegiatan apa-apa.. aku selalu bobok siang karena memang bada zuhur di rumah sepii banget. Penghuninya yang cuma sedikit ini pada istirahat semua... aku kan jadi ikutan tidur. hhehe... memang gak ada pekerjaan rumah yang aku kerjakan.
Daaann... tadi diingatkan supaya aku jangan kebanyakan tidur. hhoho... soalnya ada ayatnya, "Hai orang yang sedang berselimut! Bangunlah .... " Malaikat yang menjaga matahari aja stand by 24 jam untuk menjaga matahari agar tetap bersinar.. masa manusia malah bermalas-malasan.. kerjakanlah sesuatu yang bermanfaat, gitu. Misalnya nge-blog :p
Nge-blog kalau posting tulisan yang bermanfaat kan bisa jadi termasuk dalam 3 hal itu,  "Ilmu yang bermanfaat" :D hhehe...

Omong-omong soal "ilmu yang bermanfaat" itu, kalau kita memberikan ilmu yang bermanfaat pada orang lain kemudian orang itu mengamalkannya, kita juga kebagian kebaikannya.. begitu juga jika kita memberikan ilmu yang salah kemudian diamalkan, maka kita juga dapat keburukannya..
Nah, sebagai blogger addict, aku jadi mikir-mikir nih kalau mau posting sesuatu... takut menyampaikan hal yang salah atau belum terbukti kebenarannya.. atau menampilkan gambar-gambar wanita yang ga menutup aurat (kelihatan bagian-bagian yang harusnya ditutupi oleh muslimah). Kalau aku posting gambar yang begitu, berarti aku turut serta dalam menyebarkan dan mempublikasikan aurat seseorang dong yaaa... :'(
Harus lebih berhati-hati lagi kalo gitu.

Teman,
Saat kita membaca buku, halaman demi halaman.. lama-lama bukunya jadi tipis kan?? dan akhirnya tamat. Begitu pun dengan kita. Hari-hari yang kita lalui ini seperti membalikkan halaman buku... lama kelamaan waktu kita akan habis dan akhirnya.... tettooott Innalillahi wa Inna Ilaihi raaji'uun.
berhubung sebentar lagi aku ulang tahun... berarti ulang tahunku itu... semakin mendekatkanku pada lembar terakhir perjalanan hidupku. Sudah dapat apa aja selama tahun-tahun kehidupanku? Apa saja telah aku perbuat? Hm...


Readers, terus terang aku masih ngerasa bandel nih ya...
Jadi please... yang baca tulisan ini, doakan ya biar aku gak bandel lagi, biar digerakkan hatinya untuk selalu berada di jalan yang benar. Biar selalu menjadi orang yang bersyukur. Amiiin..


Terimakasih buat temen-temen yang udah selalu ingetin aku ya ;)
Ana uhibuki fillah

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog