Ramadhan - Eid 1433 H

Ramadan has come and gone, Eid has dawned upon us. 
It's a time of happiness, a time of joy. 
Thank You Allah for this blessed day (´∀`)♡ 

Eid mubarak everyone!!!

dan aku masih punya hutang cerita soal Ramadhan tahun ini yang menurutku spesiaaaall bangeet.... Karena di Ramadhan tahun ini ada beberapa kegiatan yang baru sekali ini aku rasain dalam 21 tahun usiaku.

Alhamdulillah di Ramadhan tahun ini TL Twitterku lebih islami jadi sering dapet inspiring words dari temen2 muslim di seluruh dunia dengan 1 bahasa; English tentunya. hhoho... Mungkin karena terpengaruh sama semangat ibadah mereka juga kali ya aku jadi semangat banget ibadahnya tahun ini, Alhamdulillah.



Di bulan Ramadhan ini aku bertekad banget paling nggak khatam Quran 1 kaliii aja. Aku bela-belain tuh sampe suara serak juga tetep bersuara. Udah gitu karena jumlah air yang masuk ke tubuhku lebih sedikit dibanding pada hari-hari biasa, jadi aja aku panas dalem yang berujung pada radang tenggorokan. Jadi agak sedikit males baca Quran, tapi seorang ukhti dari Amsterdam bilang,

Aku merasa agak sedikit pusing, tapi aku usahakan untuk tetap terjaga dan shalat beberapa rakaat. Ini malam yang sangat penting.

wuiiih... padahal kayaknya dia mu'alaf loh. Aku jadi maluuu.. iya emang tiap malam di bulan Ramadhan adalah malam yang sangat penting. Jangan cuma karena sakit dikit aja udah manja.

Aku juga diajakin ikut BAKSOS (bakti sosial) dari keluarga besar Elektro PNJ. Tempatnya di kampung pemulung, Lebak Bulus. Kata kak Sheilla, ini adalah tempat sampah semacam bantargebang tapi dijadikan tempat tinggal :(

Makanan berat untuk berbuka

Disponsori oleh Bakrie. Terimakasih buat kak Cindy yang udah berjuang mendapatkan bantuan dari Bakrie dan tentunya pihak Bakrie sendiri... ^_^

Kak Indah dan Erni, lagi siap-siapin segala sesuatunya untuk berbuka.

Pemandanganku dilihat dari lantai 2 gedung serbaguna di sini. Berantakan banget kan ya..

Hari semakin senja. Lihat gedung yang berdiri kokok di sana? sementara pijakanku rapuh di sini.

another view

di ujung sebelah sanaa... ada perumahan mewah!


Peserta baksos yang terdiri dari anak-anak itu,, disuguhkan film Harun Yahya buat ngabuburit.

Panitia menertibkan.. tempatnya sempit, isinya banyak :D
Tak lupa untuk dokumentasi :D

Keliatan kesenjangan sosial di sana, tapi jangan khawatir karena banyak bantuan yang datang ke sini kok. Di Yayasan itu sudah tersedia berbagai buku anak bergambar, cerita nabi-nabi dan tokoh islam lainnya, Al-Quran dan beberapa Mukena.

Mohon maaf kalau selama di sana perilaku aku kurang mengenakkan. Aku bersyukur banget ditempatin di Citayem sama Allah karena tanahnya subuh, air dan udaranya juga sangat bersih.

Selain kegiatan sosial itu, di akhir Ramadhan juga aku diajakin i'tikaf sama Suci dan Tika di Masjid Muammar Qaddafy (sekarang jadi Masjid Az-Zikra karena ada konflik di Libya). Awalnya agak males sih ikut gituan.. Males mikirin ngantri ke kamar mandinya.*pemalas!
Tapi karena mereka udah mengalah padaku, i'tikaf 2 hari 2 malam di sana (tadinya mau 3 hari 3 malam sampe lebaran) jadi aku ikut aja ke sana. Pertama kalinya nih ikut i'tikaf seumur hidup!

Baru sampai di sana langsung aja kami celingukan. Masing-masing dari kami baru pertama ke sini sih -_- tapi ada bapak2 yang ujug2 ngasih kupon buat sahur. Makasih banget buat bapak yang humoris itu. hhehe...

Di luar dugaanku, ternyata yang ikut banyak bangeeet...
Niat banget itu sampe bawa keluarga segala! Bahkan bawa balita. ewwh... kids! mereka juga bawa kasur palembang, bedcover atau apalah untuk alas tidur. Bahkan aku lihat ada yang bawa kasur busa -_- OEMJII.. niat banget.

Karena tempatnya di antara perbukitan gitu, so sweet banget dan dingin banget... udah gitu tidurnya di lantai, tanpa karpet! jadi aku beralaskan sejadah aja. Sedangkan yang laen... pada bobo di alas lebar yang mereka bawa :(

Dan baru kali ini aku teraweh, imamnya baca 1 juz. Secara hafidz gitu... Moreover, meskipun bacanya cepet tapi tartil banget. Lembut banget suaranya. Enak didenger deh. Betah berlama-lama dengerin bacaan shalat imam. Namun rupanya ada beberapa orang di sini yang hafidz atau paling nggak hafalannya udah hampir lengkap deh! Saluuuut....

Malam ke sini adalah malam ke 27 jadi rame banget, ada acara Dzikir bersama ust. Arifin Ilham!
Sayangnya karena acara dzikir itu malem banget, aku gak kosen sangking ngantuknya. Kepalaku terasa berat -_-" gak lama aku tertidur 1,5 jam. Langsung bangun lagi dilanjutkan tahajud berjama'ah.

Kejutan nggak berhenti sampai di sini. Ternyata bacaan shalatnya panjang juga. Ada shalat Laylatul Qadr jugak! Qunut-nya itu loh bo kagak nahan panjangnya. Sumpah ya itu imam selain hafidz pasti juga hafal segala doa dari berbagai kitab. panjaaang banget sampe kelingking gw nyaris keram saking lamanya mempertahankan posisi gitu. Ini jadi Qunut terlama sepanjang hidup gue 21 tahun!

Kejutan lainnya, waktu siang-siang aku duduk-duduk baca Quran, lapak di sebelah ada seorang bapak dan anak. Bapaknya itu sedang nge-test hafalan Qurannya. si Anak ini yang nge-cek pegang Quran. Subhanallah... tartil banget. lancarrr.... sebelas dua belas sama pak Imam sholat semalem. Terakhir si Bapak ngasih ciuman di kening puterinya. Kayak ngasih semangat gitu buat menghafal Quran. Beeeh... kayaknya hafalan Quran gw pun kalah sama anak kecil. ckckck -__-"

Pokoknya banyak kejadian yang bikin gw terkejut-kejut deh di sini. Suasananya enak, nyaman banget. Orang-orangnya ramah. yang penting, ini wilayahnya THE REAL MUSLIM!! Bener-bener ngejalanin Islam yang dari hati banget deh. Terlebih pemandangan sekitarnya yang OKEEE banget.

Di jalanan, perumahan Az-Zikra. Sepi banget bo! Hampir ga ada orang lewat satu pun.

Di sisi lain masjid

di depan masjidnya.


di sekitar masjid. liat pemandangan di belakangku? Masha Allah..


Acara i'tikafnya seru, kecuali bagian ngantri di kamar mandi. Banyak orang, toiletnya jadi bau.

Perjuangan Ramadhan ini belum berakhir, dilanjutkan lagi sampai setahun ke depan dan sampai ketemu Ramadhan lagi dan begitu seterusnya! Ayo permak diri kita jadi lebih baik. insyaAllah... aku pun menyadari diriku masih jauh dari muslimah yang sempurna.


Doing haram tomorrow is just putting to waste all your ibadah you did in Ramadan!

EID MUBARAK 1433 H 

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog