Tepat Setahun

Alhamdulillah... lalala yeyeye...
Tanggal 26 September lalu, tepat setahun gw jadi kuli jakarta. Kemarin-kemarin sempat galau cari-cari kerjaan baru (tetep jadi programmer juga sih), tapi ujung-ujungnya gw malah tetap di kantor yang sekarang.

Bulan September ini jadi banyak banget pertanyaan tentang diri gw. Siapa yang nanya? HRD dan boss di kantor yang sekarang dan juga HRD dan boss di calon kantor gw yang baru. Gw paling bingung tuh kalo pas interview ditanya "tell me about your self," padahal dia jelas-jelas pegang CV gw -__- hhaha... pertanyaan pembuka ini selalu keluar pas interview.

Pertanyaan-pertanyaan yang keluar selanjutnya ketika interview adalah:
hobi dan passion?

klo masih fresh graduate >> apa yang membuat gw memutuskan jadi programmer?
klo udah punya pengalaman >> apa yang membuat gw resign dan ngelamar di perusahaan ini?
anak keberapa?
apa yang akan gw lakukan selama 5 tahun ke depan? (insyaAllah klo masih hidup)
karir tertinggi apa yang gw harapkan? (pengen banget gw jawab jadi IRT sukses dunia-akhirat >_< hhaha..)
"recent salary" dan "expected salay"?

Terus terang aja, gw selalu mengincar perusahaan asing dan yang project-nya bergengsi. Hahaha... gw rasa itu idaman semua programmer. Secara gw masih muda, jadi banyak-banyakin pengalaman untuk mempercantik CV. Harapan gw sih, bikin project yang nggak cepat dilupain orang supaya berasa hasilnya, berasa kerennya. Hohoho...

Sudah dua kali dalam bulan ini boss gw nanya, apa aja yang udah gw pelajari selama di sini. Dia juga bilang, gw masih muda dan saatnya untuk menambah wawasan. Jangan anggap lagi kerja, anggap aja sebagai permainan yang akan memberikan ilmu baru. I love this statement. Lagipula di sini gw dipancing-pancing mulu supaya ngomong pake bahasa Inggris. Semoga makin lancar deh komunikasinya :D

Gw gak tau kalo di kantor lain gimana, tapi di tempat yang sekarang ini berasa realisasi dari pelajaran Rekayasa Perangkat Lunak yang emang jurusan gw di Kamvax dan pelajaran yang ada di kampus. Dulu waktu kuliah kan ada simulasi pengerjaan project dan gw jadi project manager-nya. Di dunia nyata, gw yang jadi programmernya. Haha... mereka membuat gantt chart, DFD, ER-Diagram, dll.

Oh iya, biasanya kan gw anti banget sama "demonstrasi". Di sini malah udah beberapa kali gw demo. Haha... demo project ke client, maksudnya. Sesuatu banget rasanya... ibarat jaman kuliah dulu, ini berasa kayak UAS pake presentasi di depan kelas. Bahkan kadang-kadang berasa kayak sidang kelulusan. 
Pernah 2x disuruh berhadapan dengan client yang native speaker. zzzzzz rasanya udah kayak test toefl. desperately hoping for subtitle. LOL inilah alasan kenapa gw dan teman-teman seperjuangan dipancing-pancing buat berbahasa inggris.

Awal-awal masuk gw pasti kaget lah ya sama suasana kantor. Gw ga bisa ngerjain project pake kreasi sendiri, tapi berdasarkan aturan yang udah dibuat sama atasan. Kalo soal deadline sih gw udah sering dari jaman sekolah dulu. PR kan pake deadline, jadi klo di tempat kerja ada deadline ya gw anggap aja kayak gitu. Haha...
Dan ada saat-saat dimana gw harus berjuang memahami alur pemrograman orang lain, ada saat-saat juga dimana gw harus mempelajari hal baru dan harus bisa dalam waktu sesingkat-singkatnya. Ada saat dimana gw stress sampe nangis karena nggak ngerti-ngerti juga -_- dan ketika dilihat beberapa minggu kemudian, ternyata "oh begitu... kok gw gak kepikiran ya sebelumnya? hahaha..". setidaknya gw jadi lebih familiar dengan hal-hal baru itu. seperti kata boss gw, "knowledge enhancement, makes you utterly smarter,"
all professions come with their negative aspects, right? So, enjoy...

harapan gw ke depannya adalah gw bisa lebih teliti lagi, lebih cepat memahami sesuatu, lebih luas lagi pengetahuannya, lebih cepat lagi mikirnya, lebih baik lagi ngodingnya... orang yang ahli selalu diperhitungkan. orang yang ahli, berpeluang lebih banyak untuk bisa bermanfaat buat orang lain. Semangaaat! ^_^

2 comments:

  1. aaaaaaaaaaaa ka enoooooo !!!! mau dooong ikut kerja di tempat mu... >_< ....
    enaknya bisa berkembang di sana.... uuuu pengen cepet-cepet lulus kuliah biar kerjanya ga ke patok yang di daerah tangerang aja.... fufufuf.... aku jadi programer di sini udah 3 tahun... yah diakui emang banyak dapet ilmu dan pengalaman selama disini, tapi lama-lama ga berkembang juga rasanya kerja di tempat yang sama dalam 3 tahun itu..... :| ................................. aaaaaaaa mau dooong...mauuu ... mimpi aku jadi pembicara, demo di depan orang banyak tentang karya aku,,, hasil aku.....

    ReplyDelete

Search This Blog