Satu Untuk Semua dan Semua Karena Satu

Dulu gw sekolahnya di SMK, jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak). Tempat duduknya ada 4 baris; 2 barisan cewek dan 2 barisan cowok. Gw duduk di perbatasan barisan cewek dan cowok selama 3 tahun. Temen-temen gw juga gitu, posisi duduknya nggak berubah dari kelas satu sampe kelas 3, teman sekelasnya pun nggak ganti-ganti. 

Di kelas gw ada pentolan matematika, Andiko namanya. Dia dan Baesuni emang terkenal karena kerajinannya. Nilainya pun bagus-bagus. Apalagi si Andiko, pernah di suatu try out dia nyaris dapat skor perfect, cuma salah satu soal! Padahal soal-soal matematika itu susah banget, menurut gw -_-

Suatu hari, Andiko kena sakit cacar. Dia tetap masuk sekolah karena nggak mau ketinggalan pelajaran. Mukanya tuh nggak keliatan kayak lagi sakit, masih cengengesan gitu... masih semangat ngerjain soal-soal matematika, masih semangat ngoding, pokoknya masih semangat jadi murid teladan banget deh. Dan keseharian gw pun nggak lepas dari dia, soalnya gw bego banget sama itung-itungan. Andiko sering ngajarin gw matematika, dia sering nanya soal bahasa inggris ke gw, dan kadang-kadang kita diskusi tentang pemrograman.

Sejak dia sakit cacar, gw sangat SANGAT sangaat menjaga jarak dengan dia. "Jangan deket-deket yo, kayaknya gw belom pernah kena cacar seumur hidup,"
Dia malah nyengir, "serius loooo belum pernah sakit cacar? Mending sekarang aja no, mumpung ada temannya nih. Daripada kenanya ntar pas udah gede? Hhaha...."

Dan hari jum'at itu setelah kerja bakti, dia bilang, "muka lu item banget no. Sering maen layangan ya?"
Hah... masa sih? Ya mungkin aja gw kepanasan, kan abis kerja bakti. Lagian warna kulit gw kan sawo matang, jadi kalo kepanasan bukannya merah malah jadi item.(._.

Besoknya, gw demam dan badan gw bentol-bentol. Panas, perih, gatal.... gw sering merinding kalo inget bentol-bentolnya. Gw positif kena cacar dan nggak masuk sekolah selama seminggu. Sampai sekitar hari rabu di minggu itu, gw dapet e-mail dari Andiko. "No, sorry... lu sakit cacar gara-gara gw ya? Gw jadi ga enak nih dituduh penyebar virus... GWS"



Yaaah mau diapain lagi?? Lagian kan gw udah berusaha menghindar. Kalo ujung-ujungnya kena juga ya takdir. "gapapa yo, emang udah saatnya gw kena cacar kali..."
Trus dia cerita kalo ternyata Arif dan Baesuni juga kena cacar! Pantesss aja dia ngerasa bersalah gitu. Hhahaha...

Skema tempat duduk gw, Andiko, Arif dan Baesuni

Sampe gw masuk sekolah lagi pun, berita kita bertiga sakit cacar masih hangat diperbincangkan. Si Andiko masih aja dituduh jadi penyebabnya. Guru-guru pun ikutan komentar. :))
Padahal kan si Andiko cuma berusaha jadi murid teladan.

"Parah banget lu ko, si Retno sampe nggak masuk seminggu, muka Baesuni sampe begitu, si Arif juga ikut-ikutan..." Basis kuya dan cumi ikutan komentar. Bukannya sedih, kita semua jadi ngerasa lucu. Hahaha...

Gw inget banget ekspresi wajah guru matematika gw yang takjub ngeliat Baesuni. Cacarnya ngumpul banyak banget di muka. Selama ini mukanya nggak jerawatan, udah gitu kulitnya putih. Jadi cacar itu kontras banget sama muka dia. Dan lagi-lagi si Andiko disalahin...

Tentang Arif, gw dan banyak temen-temen gw nggak nyangka dia bisa ketularan. Surprise banget lah. Lagian gw kira dia udah pernah kena cacar. Katanya, "waktu gw lagi solat, tiba-tiba pas sujud cacar gw yang di jidat pecah. Aduhh... yaudah gw langsung ke RS." ckckck.... dan emang sih gw liat masih ada bekas item pas banget di tengah jidatnya.

"Kalo lu gimana No? Kok nggak keliatan bekas cacar?" tanya Andiko. "waaah... bekas cacar lu ngumpul semua di badan yaak?"
Hhaha... sebenernya selama di rumah itu gw nggak sakit-sakit banget sih, cuma gatel-gatel aja. Bekas cacarnya juga nggak banyak. Nggak separah Baesuni atau pun Arif yang ada beberapa bekas di mukanya. Gw disuruh libur seminggu sama dokternya, yaudah... kapan lageee...

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog