Sebutir nasi sama dengan setetes keringat

Perbandingan itu gw dengar dari percakapan Mang Engkos sama Haji Muhidin di mega sinetron di stasiun televisi swasta (yang sampe sekarang belom bisa ketebak endingnya gimana). Kalo makan tuh harus habis, karena sebutir nasi sama dengan setetes keringat... kalo makannya nggak habis, berarti sama aja nggak menghargai usaha untuk mendapatkan makanan itu.

Tadi siang gw makan bareng Suci, Ela dan Riri di tempat makan dekat kantor. Kita semua bawa bekal dari rumah, tapi numpang makan di luar. Hehehe.... karena temen-temen gw pesan lauk lagi, gw juga tergoda buat meramaikan pesanan.

Seperti biasa, gw yang abisnya paling terakhir. Belom abis banget makanannya tapi perutnya udah kenyaaang.... udah gitu masih ada dua lauk tersisa yang gw pesan di warteg sebelah~

"Tuh kaaan cuma laper mata. Abisin makanannya," protes temen-temen gw. Makanan mereka udah abis semua, dan mereka kenyang.

"tapi kenyaang... gimana dong kalo gw abisin semua trus kekenyangan?"

"yups, makanlah selagi lapar dan berhenti sebelum kenyang," Riri berkomentar.
"makanya, ambil secukupnya..." Suci menimpali.
"kalo lu makannya ga abis, berarti lu menyia-nyiakan rejeki... itu bisa jadi penghambat  untuk mendapatkan rejeki yang lebih besar lagi," Ela ikutan ngasih pendapat.

Dan gw jadi keingetan lagi kata-kata Mang Engkos ke haji Muhidin...
Kita semua tau, siapa yang bersyukur maka nikmatnya ditambah. Apa yang ada di piring kita itulah rejeki kita. Menghabiskan jatah makanan berarti menghargai pemberian rejeki, sekaligus sebagai ungkapan syukur. Lain kali, ambil secukupnya..

Akhirnya gw berjuang buat menghabiskan seluruh makanan pesanan gw. Begitu pun teman-teman gw yang di tempat makannya masih bersisa serpihan-serpihan makan siang. Hehe... kita semua setuju bahwa sebutir nasi sama dengan setetes keringat :)

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog