Mudah dan Praktisnya Membuat Telor Ceplok Santan Pedas

Olahan santan selalu menghasilkan makanan yang lezat dengan rasa gurih yang nikmat. Kali ini, Retno akan membahas mengenai salah satu makanan khas Indonesia, yaitu Telur Ceplok Goreng Santan Pedas. Sajian berbahan dasar telur dan santan ini memiliki sensasi rasa gurih dan pedas yang unik. Anda mungkin bisa menjadikan Telur Ceplok Goreng Santan Pedas sebagai menu andalan untuk hidangan keluarga anda. 



Resep untuk membuat Telur Ceplok Goreng Santan Pedas tidak sulit untuk dipraktekkan. Bahan dan bumbu yang dibutuhkan pun tidak sulit untuk di dapatkan. Jika anda tertarik untuk mencoba, berikut ini ada resep membuat Telur Ceplok Santan Pedas yang mudah untuk dipraktekkan. Sebelum memasak, resep ini dapat digunakan untuk 8 porsi penyajian. 

Bumbu dan Bahan Telur Ceplok Santan Pedas:
  • 8 butir telur ayam, 4 lembar daun jeruk yang dibuang tulang daunnya, 2 lembar daun salam, 1 papan petai atau sekitar 15 butir. dibelah dua. 1 1/4 sendok teh gula pasir, 1 batang serai bagian putih, memarkan. 3 sendok makan minyak, 2 sendok teh air asam (dibuat dari 1 sendok teh asam jawa ditambah 1 sendok makan air) dan 2 sendok teh garam
  • 1 bungkus Sasa Santan Kelapa. Mengapa tidak menggunakan perasan santan yang langsung dari kelapa segara saja? tapi kog malah pakai Sasa Santan Kelapa? Ini nih rahasia resep baru yang sangat praktis dan mudah. kualitas Sasa Santan Kelapa dengan santan kelapa yang baru diperas, itu sama saja. bahkan Sasa Santan Kelapa ini dikemas dengan teknologi modern dan dibungkus dalam keadaan sudah matang dan siap pakai. Jadi ketika digunakan tinggal menuangkanya saja tanpa harus repot-repot memasaknya. 
Bumbu halus Telur Ceplok Santan Pedas, terdiri dari:
  • 1/2 sdt ketumbar yang disangrai, 1/2 sdt merica, 2 buah cabai rawit, dan 4 buah cabai merah bisa ditambah bila kamu penggemar rasa super pedas
  • Tambahkan pula 3 siung bawang putih, 7 butir bawang merah, 1 cm lengkuas, 2 cm kunyit yang dibakar dan 4 butir kemiri yang disangrai
Cara Memasak Telur Ceplok Santan Pedas:
  1. Ceplok telur satu per satu, tiriskan setelah matang hingga minyaknya hilang.
  2. tumis bumbu halus, daun jeruk, serai dan daun salam sampai aroma harumnya tercium.
  3. masukkan petai, aduk-aduk hingga petai layu
  4. tambahkan telur yang sudah diceplok tadi, aduk hingga rata
  5. masukkan Sasa santan Kelapa, gula, garam, dan air asam. Masak hingga olahan matang atau santan tampak mendidih.
  6. hidangan siap disajikan.

Oh ya, perlu kamu semua ketahui bahwa santan itu sebenarnya sehat. Sama seperti Sasa Santan Kelapa yang juga sehat. Hanya saja terkadang kita salah dalam memasak santan. 

Santan itu harus dimasak dengan kondisi api yang sedang dan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Santan tidak boleh dibiarkan dalam keadaan menggunpal dan pecah. Jika dibiarkan kandungan baik di dalamnya akan menghilang. Jadi sebaiknya selama proses memasak harus terus di aduk. 

Apalagi kalau kita menggunakan Sasa Santan Kelapa, cukup kamu masukkan saja pada bagian terakhir dimana semua bumbu telah matang. Jadi tinggal dimasak dalam beberapa menit saja. hal ini untuk menjaga aroma dan rasa tetap sesegar kelapa yang diperas langsung. Juga Sasa santan Kelapa itu tanpa pengawet. 

Sasa Santan, Aslinya Santan cocok banget buat pecinta produk praktis, lezat dan bergizi.

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog